Pemulihan Identitas Naratif Korban Kekerasan Seksual
Sebuah Tinjauan Filsafat dan Teologi Kristen
DOI:
https://doi.org/10.33550/sd.v8i2.259Kata Kunci:
Paul Ricoeur, Miroslav Volf, kekerasan seksual, identitas naratifAbstrak
Sebagai peristiwa traumatis, kekerasan seksual melumpuhkan identitas korban sehingga menjadikan korban kehilangan keberdayaan sebagai manusia. Namun, identitas korban-korban kekerasan seksual itu dapat dipulihkan. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam artikel ini adalah apa yang memungkinkan, secara filosofis dan teologis, pemulihan atau perubahan identitas korban (victim) menjadi identitas penyintas tertebus (redeemed survivor). Artikel ini akan berupaya menjawab pertanyaan tersebut dari sudut pandang filsafat Paul Ricoeur mengenai identitas naratif sebagai kerangka (form) dan teologi Miroslav Volf mengenai ingatan kudus (sacred memory) dalam sejarah keselamatan sebagai isi (matter) dari identitas penyintas tertebus. Tesis dalam artikel ini adalah pemulihan atau perubahan identitas korban menjadi penyintas tertebus dimungkinkan melalui pemulihan identitas naratif korban yang berisi memori suci (sacred memory) dalam paradigma naratif sejarah keselamatan Kristen.
Statistik
Referensi
Atkins, Kim. Narrative Identity and Moral Identity: A Practical Perspective. New York: Routledge, 2008.
Blundell, Boyd. Paul Ricoeur Between Theology and Philosophy. Bloomington: Indiana University Press, 2010.
Brain, Matthew dan Matthew A. Malcolm. The Bible Overview: How to Understand the Bible as a Whole. Kingsford: Matthias Media, 2001.
Crowley, Patrick. “Paul Ricoeur: the Concept of Narrative Identity, the Trace of Autobiography.” Paragraph 26, no. 3 (November 2003), 1‒12. https://www.jstor.org/stable/43263868.
Duffy, Maria. Paul Ricoeur’s Pedagogy of Pardon: Narrative Theory of Memory and Forgetting. New York: Continuum, 2009.
Herman, Judith M. D. Trauma and Recovery. New York: Basic Books, 1992.
Kappler, Karolin Eva. Living with Paradoxes: Victims of Sexual Violence and Their Conduct of Everyday Life. Heidelberg: VS Verlag für Sozialwissenschaften, 2012.
Kaufmann, Sebastian. “The Attestation of the Self as A Bridge Between Hermeneutics and Ontology in The Philosophy of Paul Ricoeur.” PhD diss., Marquette University, 2010. https://epublications.marquette.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1034&context=dissertations_mu.
Kusumaningdyah, Dwi Ratna dan Wicaksono, Arif. “Sikap Gereja Menghadapi Kekerasan Terhadap Perempuan Upaya Mereduksi Pelanggaran HAM.” Fidei 4, no. 1 (Juni 2021): 1‒23. https://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei/article/view/225.
Layantara, Jessica. “Peran Gereja dalam Mendampingi Perempuan Penyintas Kekerasan Seksual di Indonesia.” Dalam The Good Samaritan: A Festschrift Dedicated to Dr. Dra. Hetty Antje Geru, M.Si., disunting oleh Amelia Joan Liwe. Yogyakarta: ANDI, 2019.
Moltmann, Jürgen. The Crucified God: The Cross of Christ as the Foundation and Criticism of Christian Theology. Minneapolis: Fortress Press, 1993.
Panjaitan, Firman dan Kalis Stevanus. “Ekualitas antara Laki-Laki dan Perempuan: Upaya Mereduksi Kekerasan Secara Domestik.” Thronos 1, no. 2 (Mei 2020): 58‒72. http://ojs.bmptkki.org/index.php/thronos/article/view/3/0.
Ricoeur, Paul. “Can Fictional Narrative Be True?” Dalam The Phenomenology of Man and of the Human Condition: Individualisation of Nature and the Human Being, disunting oleh Anna-Teresa Tymieniecha. Dordrecht: Springer, 1983.
Ricoeur, Paul. “Individual and Personal Identity.” Dalam Paul Ricoeur: Philosophical Anthrophology, disunting oleh Johann Michel dan Jérôme Porée. Cambridge: Polity, 2016.
Ricoeur, Paul. “Life in Quest of Narrative.” Dalam On Paul Ricoeur: Narrative and Interpretation, disunting oleh David Wood. London: Routledge, 2003.
Ricoeur, Paul. “Narrative Identity.” Dalam On Paul Ricoeur: Narrative and Interpretation, disunting oleh David Wood. London: Routledge, 2003.
Ricoeur, Paul. Oneself as Another, diterjemahkan oleh Kathleen Blamey. Chicago dan London: The University of Chicago Press, 1994.
Ricoeur, Paul. Time and Narrative Volume 1, diterjemahkan oleh Kathleen McLaughin dan David Pellauer. Chicago dan London: The University of Chicago Press, 1984.
Ricoeur, Paul. Time and Narrative Volume 3, diterjemahkan oleh Kathleen McLaughin dan David Pellauer. Chicago dan London: The University of Chicago Press, 1988.
Simms, Karl. Paul Ricoeur. London: Routledge, 2003.
Sobrino, Jon. Jesus the Liberator: A Historical-Theological Reading of Jesus of Nazareth. New York: Burns & Oates, 1993.
Sorial, Sarah dan Jacqui Poltera. “Rape: Women's Autonomy and Male Complicity.” Dalam Women and Violence: The Agency of Victims and Perpetrators, disunting oleh Herjeet Marway dan Heather Widdows. London: Palgrave Macmillan, 2015.
Valdés, Mario J., A Ricoeur Reader: Reflection and Imagination. Toronto: University of Toronto Press, 1991.
Volf, Miroslav. Exclusion and Embrace: A Theological Exploration of Identity, Otherness, and Reconciliation. Nashville: Abingdon Press, 1996.
Volf, Miroslav. Free of Charge: Giving and Forgiving in a Culture Stripped of Grace. Grand Rapids: Zondervan, 2005.
Volf, Miroslav. The End of Memory: Remember Rightly in a Violent World. Grand Rapids: Eerdmans, 2006.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Reformed Center for Religion and Society
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.