Sikap Kritis terhadap Kekuasaan dalam Tradisi Calvinist: Sebuah Kajian Historis-Teologis Tentang Kekritisan Gereja terhadap Pemerintah untuk Mewujudkan Regnum Christi

Critical Attitude Toward The State In Calvinist Tradition: A Historical Discourse About Church Criticism To The Goverment To Build Regnum Christi

Penulis

  • Suarbudaya Rahadian Gereja komunitas Anugerah reformed Baptist Salemba
  • Fially Fallderama Ruang Inkarnasi Sosial

DOI:

https://doi.org/10.33550/sd.v7i2.173

Abstrak

Teologi politik Protestan meyakini bahwa pemerintah adalah wakil Allah di dunia yang memiliki legitimasi untuk menata berbagai segi kehidupan manusia. Dampak dari pemahaman ini menghasilkan pandangan di kalan-gan umat Protestan bahwa pemerintah mesti ditaati secara mutlak oleh gereja. Padahal pada sisi lain tradisi teologi Reformed meyakini teologi kejatuhan. Sebagaimana semua aspek kehidupan telah jatuh dalam dosa,pemerintah juga dapat jatuh ke dalam kelaliman. Maka selain sikap kon-formis, tradisi Calvinist juga memiliki sumber-sumber teologis untuk bersikap kritis terhadap kekuasaan. Tulisan ini berupaya melakukan peng-galian pemikiran teologi politik Calvinist melalui metode teologis-historis untuk menemukan akar-akar pemikiran John Calvin tentang relasi kritis gereja dengan kekuasaan. Ekskavasi pemikiran John Calvin dari tulisan-tu-lisan primernya diharapkan dapat memberi sumber daya teologis untuk memberikan perangkat analisis kritis serta landasan etis dalam memahami relasi gereja dengan pemerintah di Indonesia. Kata-kata kunci: teologi politik; calvinism; teologi historis; sikap kritis; pemerintah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Suarbudaya Rahadian, Gereja komunitas Anugerah reformed Baptist Salemba

Pastor di Gereja Komunitas Anugerah Reformed Baptist Salemba, Jakarta. Dia memegang gelar Master of Arts dari London Theological Seminary. Dia memupuk minat yang tajam pada wacana sosial-human-itarian dan teologi budaya.

Fially Fallderama, Ruang Inkarnasi Sosial

Direktur Ruang Inkarnasi Sosial (Risol), sebuah organisasi nonpemerintah di Jakarta yang menangani isu-isu interseksional antara teologi sosial dan pengembangan masyarakat. Ia memperoleh gelar sarjana Teologi di Sekolah Tinggi Filsafat Keilahian, Jakarta (STFT Jakarta).

Referensi

Adiprasetya, Joas. "Eka Darmaputera: Sang Teolog Rute Penghubung Gereja dan Masyarakat." Ceramah Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta, (September 2019).

Androne, Mihai. "Calvinism as Political Ideology." Procedia- Social and Behavioral Sciences 63, 2012: 177-183.

Balke, W. "Calvin dan Calvinisme." Dalam Ecclesia Reformata Semper Reformanda, Agustinus Batlajery dan Thomas van den End ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2014.

Balke, Willem. "Pandangan Calvin mengenai Gereja dan Negara." Dalam Ecclesia Reformata Semper Reformanda, Agustinus Batlajery dan Thomas van den End ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2014. 162-163.

Batlajery, Agustinus. "Calvinisme di Indonesia: Suatu Adaptasi." Dalam Ecclesia Reformata semper Reformanda, Agustinus Batlajery dan Thomas van den End ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2014.

Beeke, Jonathon David. Duplex Regnum Christi: Christ Twofold Kingdom in Reformed Theology (Disertasi Ph.D dari Universitas Groningen). Groningen, 2019.

Brink, G van den. "The Impact of Calvinism on the European Mind-a Plea for Revisiting the Issues." Deel 51 Supplementum. Teologie 150+ Calvyn 500, 2010.

Calvin, John. Commentary on the Book of Romans. Grand Rapids: Baker Books, 2005.

Calvin, John. Institutes of the Christian Religion. Grand Rapids, Michigan: Eerdmans Publishing, 1975.

Calvin, John. John Calvin's Bible Commentaries on The Harmony of The Gospels 3. North Charleston: Createspace, 1858.

Camacho, Daniel Joseph. John Calvin and Holy Resistance. 27 Mei 2017. Diakses pada 30 Juni 2020. http://dojustice.crcna.org/article/john-calvin-and-holy-resistance.

Eire, Carlos. “Calvin and Nicodemism: A Reappraisal," Sixteenth Century Journal, 1 (Desember 1979): 44-69.

Fallderama, Fially. "Menolak Politik Ahistorisme." Detik: Kolom. 21 Mei 2019. https://news.detik.com/kolom/d-4558216/menolak-politik-ahistoris.

Fallderama, Fially. "Sengketa Pemahaman Sila Ketuhanan yang Maha Esa." Geotimes: Opini. 2 Juli 2018. Diakses pada 10 Agustus 2020. https://geotimes.co.id/opini/sengketa-pemahaman-sila-ketuhanan-yang-maha-esa/

Fea, John. Was America Founded as a Christian Nation? A Historical Introduction. Westminster: John Knox Press, 2011.

Heryanto, Ariel. Identitas dan Kenikmatan: Politik Budaya Layar Indonesia. Jakarta: KPG, 2018.

Jonge, Christiaan de. Apa Itu Calvinisme? Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

McGrath, Alister E. Sejarah Pemikiran Reformasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

McGrath, Alister E. Historical Theology: An Introduction to the History of Christian Thought. Chichester, West Sussex: Wiley Blackwell, 2013.

Piper, John. Desiring God. 21 Desember 2015. Diakses pada 21 Juni 2020. https://www.desiringgod.org/messages/obey-the-government-for-gods-sake.

Reid, J.K.S. "Magistrates." Dalam Calvin: Theological Treatises, J.K.S Reid ed. Philadelphia: Westminster Press, 1954.

Suseno, Franz Magnis. "Golput." Kompas: Artikel Opini. 12 Maret 2019.

“Usai Bertemu Jokowi, Ketua PGI Imbau Umat Kristen tak Golput.” CNN Indonesia. 5 Maret 2019. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190305205427-32-374837/usai-bertemu-jokowi-ketua-pgi-imbau-umat-kristen-tak-golput.

Walker, Williston. A History of The Christian Church. Edinburgh: T&T Clark, Ltd, 1976.

Cavanaugh, William and Peter Scott. "Introduction." Dalam The Blackwell Companion to Political Theology, Peter Scott dan William Cavanaugh ed. Padstow, Cornwall: Blackwell Publishing Ltd, 2004.

Yewangoe, Andreas A. "Hubungan Gereja dan Negara di Indonesia." Dalam Ecclesia Reformata Semper Reformanda, Agustinus Batlajery dan Th Van Den End ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2014.

Diterbitkan

2020-10-19

Cara Mengutip

Rahadian, S., & Fallderama, F. (2020). Sikap Kritis terhadap Kekuasaan dalam Tradisi Calvinist: Sebuah Kajian Historis-Teologis Tentang Kekritisan Gereja terhadap Pemerintah untuk Mewujudkan Regnum Christi: Critical Attitude Toward The State In Calvinist Tradition: A Historical Discourse About Church Criticism To The Goverment To Build Regnum Christi. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 7(2), 219–244. https://doi.org/10.33550/sd.v7i2.173