Fokus & Cakupan

Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat dipersembahkan sebagai forum kajian dan diskusi untuk menggali dan menyebarluaskan gagasan dan temuan penelitian dari para cendekiawan yang berfokus pada penggalian dan pengembangan teologi publik dan etika sosial yang merefleksikan konteks Indonesia yang multireligius dan multikulturalIsu-isu yang disorot antara lain:

  • Teologi: Kajian kritis-reflektif tentang konsep keilahian dan pengalaman spiritual umat beriman sebagaimana dipersaksikan dalam teks sakral, sejarah agama, doktrin keagamaan, filsafat keilahian, dan tradisi-tradisi kearifan.
  • Etika sosial: Tinjauan kritis-teologis terhadap nilai-nilai moral dan keutamaan-keutamaan yang diusung atau berpengaruh di sektor-sektor kehidupan masyarakat (politik, bisnis, seni, teknologi, pendidikan, dsb).
  • Komunitas keagamaan: Kajian yang menyoroti dimensi moral dan spiritual dari kehidupan sehari-hari yang dipraktikkan dalam komunitas keagamaan tertentu.
  • Perjumpaan lintas iman: Pengolahan data tentang interaksi antar-penganut atau komunitas dari tradisi agama atau kepercayaan yang berbeda.