Pertumbuhan Kesadaran dalam Agama

Penulis

  • Edy Syahputra Sihombing Philosophy

DOI:

https://doi.org/10.33550/sd.v6i2.119

Abstrak

Salah satu ancaman serius dalam peradaban millennium ketiga ini adalah kecenderungan agama-agama yang hanya berorientasi pada paradigma rumusan-rumusan doktrinal konseptual yang sempit. Ironisnya, agama-agama yang harusnya menyebarkan perdamaian justru menjadi potensi sumber konflik. Situasi tersebut memunculkan keterpisahan antara manusia dengan manusia lainnya bahkan dengan yang ilahi. Akan tetapi evolusi peradaban masih menyadari ada banyak hal yang penting dalam tradisi spiritual agama-agama untuk membangun peradaban. Di sini agama-agama perlu meredefinisikan kembali eksistensinya dalam peradaban, memperluas horizon paradigma model religius-spiritualitas dalam konteks yang beragam dan berorientasi pada pertumbuhan kesadaran akan kesatuan realitas yang universal saling terkait satu sama lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bahri, Media Zainul.2011.Satu Tuhan Banyak Agama: Pandangan Sufistik Ibn Arabi, Jalaludin Rumi, Al-Jilli.Jakarta: Mizan.

Bessette, Josseph M. & Pitney, Jr, John J.2014. American Government and Politics: Deliberation, Democracy, and Citizenship.Autralia: Wadsworth.

Connoly, Peter. (Ed). 2007. Ragam Pendekatan Studi Agama .Medan: Bina Media Perintis.

Donald Walsch, Neale.2000.Communion with God.London: Hodder & Stoughton.

Leo Erskine, Noel.1994. King among Theologians.Cleveland: The Pilgrim press.

Levenson, Joseph Richmond & Schurmann, Franz.1971. China: An Interpretive History, from The Beginnings to the fall of Han.Barkeley, London: University California Press.

Marshall, Ian, & Zohar, Danah.2011.SQ: Kecerdasan Spiritual.Jakarta: Mizan.

Samosir, Leo.2010.Agama dengan Dua Wajah.Jakarta: Obor.

Sugiharto, Bambang.2019. Agama dan Kesadaran Kontemporer.Yogyakarta: Kanisius.

Thomas, Scott.2002. “The Global Resurgance of Religion and the Changing of Character of International Politics”, dalam God and Globalization, Vol. 3, (Christ and Christ and the Dominations of Civilization).Philadelphia: Trinity Press International.

Tillich, Paul.1960. Love, Power and Justice.New York: Oxford University.

Diterbitkan

2019-12-06

Cara Mengutip

Sihombing, E. S. (2019). Pertumbuhan Kesadaran dalam Agama. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 6(2), 192. https://doi.org/10.33550/sd.v6i2.119